PWK UIN Alauddin di Young Planner Gathering IAP

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Delegasi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar yang terdiri dari 23 mahasiswa berbagai angkatan mewakili Sulawesi Selatan dalam rangka Young Planner Gathering (YPG). Kegiatan tersebut diadakan oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia di Hotel JS Luwansa Jakarta pada Kamis 3 November 2016 yang bertujuan membangun koneksi perencana muda se Indonesia. Antusias delegasi TPWK UINAM ini disambut luar biasa karena merupakan tim delegasi yang paling banyak di antara seluruh peserta yang hadir. “Semangat mahasiswa kami dalam kegiatan Young Planner Gathering patut diapresiasi, mereka berangkat mewakili Sulawesi Selatan” ungkap Bapak Dr. Muhammad Anshar Ketua Jurusan TPWK UINAM.

Pada acara Young Planner Gathering juga turut hadir mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) dari universitas negeri maupun swasta se-Indonesia yakni delegasi Universitas Islam Bandung (UNISBA),  Universitas Pasundan (UNPAS),  Universitas Tarumanegara (UNTAR), Universitas Trisakti,  Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Gadjah Mada (UGM),  Institut Teknologi Nasional  (ITN Malang), Universitas Pakuan Bogor (UNPAK),  Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB).

Ketua delegasi Teknik PWK UIN Alauddin Makassar Febrianto Samin mengatakan, “ keberangkatan kami ini merupakan semangat jiwa muda dari mahasiswa Makassar, dimana menjadi ajang berkumpul para Planner dalam satu tempat untuk menjalin silahturahmi satu sama lain, saling bertukar pikiran dan saling sharing persoalan perencanaan yang ada di kabupaten/kota yang ada di Indonesia”. Selain didukung sepenuhnya oleh Ketua Jurusan PWK UIN Alauddin, mereka juga mendapat apresiasi oleh Bapak Firdaus S.T, M.Si sebagai perwakilan IAP Sulawesi Selatan. “Saya sangat mengapresiasi semangat para Planner muda khususnya di Sulawesi Selatan,  ini menjadi titik balik dari kepedulian anak muda dalam hal tata ruang,  yang jika selama ini kita bisa liat sendiri kondisi anak muda di Indonesia kurang berpartisipasi, maka dengan diadakannya Young Planner Gathering ini  membuktikan jika generasi muda juga harus peduli terhadap tata ruang” tuturnya.

Pada agenda tersebut,  mahasiswa Teknik PWK UIN Alauddin Makassar dinobatkan sebagai best team, best statement dan best participant dalam diskusi 6 isu perencanaan di Indonesia yang meliputi reklamasi, smart city,  infrastruktur, transportasi dan permukiman. Penghargaan ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum IAP periode 2013-2016, Bernardus Djojoputro. Menurutnya “delegasi PWK UIN Alauddin luar biasa, walaupun harus menempuh perjalanan jauh tetapi semangat mereka tidak pudar sampai di Jakarta, mereka menjadi perwakilan kampus dengan peserta paling banyak yang mengalahkan jumlah peserta delegasi kampus lain terutama kampus yang berada di ibukota” ungkap Ketua IAP Indonesia terpilih  2017-2019 . Hal ini membuktikan bahwa PWK UIN Alauddin telah tampil sebagai bagian penting dalam pengembangan potensi keprofesian.