Kartini (PWK 2014) Wakili Regional Sulawesi pada UI YEA 2016

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Kartini (PWK Angkatan 2014) mewakili UIN Alauddin Makassar pada ajang nasional bergengsi Universitas Indonesia Youth Environmental Action - UIYEA 2016. UI YEA adalah sebuah program kerja tahunan BEM Universitas Indonesia terbesar dan berskala nasional yang diadakan oleh Departemen Lingkungan Hidup BEM UI. Acara ini menjadi ajang penjaringan partisipasi mahasiswa seluruh Indonesia yang peduli dan memiliki semangat untuk mengatasi permasalahan lingkungan di Indonesia. Tahun 2016 ini UI YEA bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan UNICEF Indonesia mengangkat tema “Sanitation, Water and Settlement”.

Kartini merupakan salah satu pemenang dari wilayah timur Indonesia (regional Sulawesi) bersama dengan perwakilan dari Universitas Hasanuddin, Universitas Haluoleo dan Universitas Negeri Gorontalo. Mekanisme pada event ini terdiri dari seleksi awal essay yang dikirim oleh peserta dengan total 241 peserta. Kartini mengangkat judul "Mendorong Program STBM yang Lebih Implementatif di Desa Balang Baru Kabupaten Jeneponto". Kemudian berhasil menjadi 50 selected papers dari berbagai kampus terbaik se Indonesia. Selanjutnya diundang untuk eskpos essay di Universitas Indonesia. Delegasi lainnya berasal dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Sepuluh November dan universitas terbaik lainnya se Indonesia.

Rangkaian acara tersebut terdiri dari focus group discussion, seminar lingkungan, field trip Instalasi Pengolahan Air Limbah Lenteng Agung dan aksi tanam mangrove di pesisir Jakarta. Para delegasi dikelompokkan untuk menggagas ide project yang berkaitan dengan topik UI YEA dalam forum FGD. UI YEA 2016 berlangsung dari tanggal 24-27 November 2016 di Kampus Universitas Indonesia Depok.

Kajur PWK menyampaikan bahwa “keberangkatan Kartini merupakan bentuk eksistensi jurusan PWK dalam aksi pelestarian lingkungan karena PWK adalah salah satu jurusan di UIN Alauddin yang lekat dengan ilmu lingkungan”. Beliau juga berterima kasih dan apresiasi yang luar biasa telah mengharumkan nama besar UIN Alauddin pada umumnya dan jurusan PWK tentunya di level nasional. PWK UIN Alauddin akan terus mendorong budaya riset dan pengalaman soft skill pada level nasional. Kartini menambahkan “hal ini adalah pengalaman luar biasa bagi diri saya pribadi, bertemu dengan puluhan mahasiswa berprestasi se Indonesia, pada proses karantina saya dapat banyak sharing pengalaman dengan mereka dan semakin mengerti pentingnya sanitasi dalam penataan ruang”