Kuliah Umum oleh Prof Madya DR Foziah BTE Johar

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Pada hari Kamis (08/12/16) professor asal Universiti Teknologi Malaysia hadir di Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Prof Foziah menyampaikan kuliah tentang Urban Planning In ASEAN Developing Countries : The Malaysian Case. Pada kesempatan tersebut disambut antusias oleh keluarga besar TPWK UINAM. Acara kuliah umum dibuka oleh bapak Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.A selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, beliau sangat mengapresiasi kunjungan akademik oleh Prod Foziah. Beliau berharap PWK UINAM dapat menjalin kerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia kedepannya.

Prof Foziah yang tercatat sebagai professor bidang Urban and Regional Planning di UiTM mengangkat isu tentang kota - kota pada negara berkembang di Asia, termasuk Indonesia dan Malaysia. Pada kasus tersebut perubahan kota ditunjukkan dengan 5 fenomena utama yaitu peningkatan populasi dan urbanisasi, ekonomi perkotaan, perubahan sosial masyarakat, perubahan lingkungan serta pemerintah perkotaan. Menurutnya "kota-kota di Malaysia juga mengalami perkembangan yang signifikan, hal yang sama juga dihadapi dengan adanya konsentrasi masyakarat di beberapa kota misalnya di Johor, Kedah, Melaka dan kota-kota di semenanjung Malaysia". 

Kegiatan ini disambut meriah oleh mahasiswa pada sesi diskusi. Bapak Kajur PWK berharap ini sebagai awal yang baik untuk menjalin silaturahmi yang baik antara PWK UINAM dan Universiti Teknologi Malaysia. Materi kuliah Prof Madya DR Foziah BTE Johar pada didownload di sini