Mendalami Materi Perkuliahan Melalui Praktikum Survey Lapangan

  • 14 November 2022
  • 02:35 WITA
  • Administrator
  • Berita

            Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar melakukan survey lapangan di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis hingga Minggu ( 10-13 November 2022). Kegiatan survey lapangan ini sebagai bentuk praktikum pada mata kuliah Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kotta & Studio Penyajian dan Presentasi.

            Peserta praktikum survey lapangan yakni mahasiswa Angkatan 2022 semester awal yang dibagi ke dalam beberapa kelompok per kelurahan. Praktikum awal ini merupakan survey dasar yang dilakukan dengan mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama beberapa pertemuan sebelumnya.Dalam praktikum surveynya mahasiswa ditugaskan untuk mengumpulkan data primer dan sekunder berupa data penduduk, kondisi sarana, prasarana dan sosial ekonomi masyarakat kelurahan pada lokasi yang telah ditentukan.

            Mahasiswa melaksanakan survey dibagi menjadi 11 kelompok dimana tiap kelompok melakukan survey lapangan dan instansi pada tingkat kelurahan, kemudian data yang didapatkan selanjutnya disusun menjadi sebuah laporan dan video profil kelurahan tempat survey. Selain laporan mahasiswa juga diasah tingkat kreativitasnya dalam bidang teknologi melalui pembuatan desain poster dan video profil kelurahan yang disusun semenarik mungkin.

Harapannya mahasiswa dapat memahami lebih dalam mengenai teknik survey lapangan dan pengumpulan data lapangan serta berpikir kritis mengenai kondisi lokasi survey lalu merumuskan kebijakan atau penanganan lokasi survey, sehingga perencanaan sebuah wilayah yang dimulai dari tingkat terkecil dapat dipahami.

-AA-