Selamat Bandung Masuk Jaringan Kota Kreatif Dunia

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB mengumumkan bahwa KotaBandung tercatat sebagai salah satu dalam jaringan kota kreatif atau UNESCO Creative Cities Network.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova yang mengumumkan penunjukan 47 kota dari 33 negara sebagai anggota baru dari UNESCO Creative Cities Network (UCCN) di markas besar UNESCO, Paris, Prancis, Jumat (11/12/2015).

Dia mengatakan, Jaringan Kota Kreatif UNESCO merupakan potensi besar untuk menegaskan peran budaya sebagai pendukung pembangunan berkelanjutan. Dia mengakui bahwa banyak kota baru dan negara-negara mereka yang memperkaya jaringan dengan keberagamannya.

Sementara itu, Deputi Wakil Tetap RI untuk UNESCO, Dubes Fauzi Soelaiman, menyatakan kebanggaannya atas masuknya kotaBandung dalam UNESCO Creative City Network dalam bidang desain.

Dia mengatakan, Bandung merupakan kota kedua yang terdaftar di UNESCO Creative City Network setelah tahun lalu (2014) Pekalongan terdaftar pula di UCCN dalam bidang Craft and Folk Art.

"Kami harapkan kota-kota lainnya di Indonesia dapat menyusul untuk dapat memperkenalkan kelebihan masing-masing kotadalam bidangnya sambil mengembangkan jaringan kota dengankota lain di seluruh dunia," ujar Fauzi di London, Sabtu (12/12/2015).

Menurut Prof Fauzi Soelaiman, terdapat tujuh katagori yang dapat diikuti yaitu bidang Kerajinan dan Kesenian Rakyat, Desain, Film, Gastronomy, Sastra, Media dan Seni Musik.