Tim Balla Ammantang Masuk 5 Besar LKTI Nasional Urban Care 2017

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Adalah Nurul Ilmi Amaliah, Alif Darry Utomo dan Abidzar Giffary angkatan 2015 berhasil tampil dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional dengan tema Urban Care 2017 oleh HMPWK Universitas Hasanuddin. Mereka tergabung dalam tim Balla Ammantang mengusung salah satu nilai kearifan lokal Bugis Makassar.

Event ini merupakan penjaringan karya ilmiah yang dapat memberikan inovasi dalam rangka mengatasi permasalahan perkotaan. Tahap seleksi pertama terjaring 22 judul KTI dari seluruh Indonesia. Selanjutnya Tim Balla Ammantang berhasi lolos di tahap 5 besar dan berhak mendapat undangan presentasi di Kampus Teknik Unhas Gowa. Kelima tim terdiri dari perwakilan UIN Alauddin Makassar (UINAM), Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), Universitas Negeri Semarang (UNS), Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Kelima tim tampil dengan performa presentasi yang sangat mumpuni (24/02/2017). Ilmi dkk mengangkat tema Balla Ammantang : Alternatif Penataan Kawasan Kumuh Perkotaan di Kelurahan Ujung Tanah. Tema tersebut diambil sebagai upaya untuk mengatasi permukiman kumuh yang terjadi di perkotaan dengan mengedepankan nilai nilai kearifan lokal. Mereka juga mendapat dukungan penuh dari Ketua Jurusan TPWK UINAM.

Setelah sesi penjurian oleh tim juri dari Dosen PWK Universitas Hasanuddin, pemenang dinobatkan kepada tim UNDIP (Juara 1), tim UNHAS (juara 2) dan tim UNS (juara 3). "Setiap event mahasiswa harus mampu berpartisipasi kalah menangnya adalah urusan kedua, yang terpenting adalah pengalaman selama proses tersebut" ujar Kajur PWK UINAM.